Doa



Doa adalah dasar untuk kita mengenal Tuhan – siapa Dia, apa yang Ia inginkan, apa artinya mejadi anak-Nya dan menjadi bagian dari umat-Nya. Doa itu meliputi doa pribadi, doa dalam kelompok kecil, dan ikut serta berdoa bersama orang banyak dalam ibadah umum. Kita perlu ikut serta berdoa karena berbagai alasan:
1.       Kita perlu berhubungan dengan Allah setiap hari untuk memperoleh pengampunan dan kekuatan. Kalau kita menyampaikan kekurangan-kekurangan kita kepada Tuhan, Ia memberi kita kekuatan.
2.       Kita memerlukan bimbingan dalam pembuatan keputusan setiap hari kalau kita tidak mempunyai cukup hikmat untuk membuatnya sendiri. Yakobus berkata, “Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, - yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit - , maka hal itu akan diberikan kepadanya”. Fungsi pokok doa ialah mengarahkan hidup kita.
3.       Kita perlu memandang berbagai hal dari sudut pandangan Tuhan. Berdoa bukan hanya berbicara kepada Tuhan; tetapi juga mendengarkan-Nya. Ketika kita berdoa, kita akan mengetahui lebih banyak daripada kebutuhan kita sendiri dan kita menjadi peka terhadap cara Tuhan melihat berbagai hal.






Comments

Popular Posts