Tim Transisi Jokowi - JK



(surat terbuka) 
Kepada Yth,
Tim Transisi Jokowi - JK

Bapak dan Ibu yang kami hormati,
Surat terbuka ini dibuat dengan didorong oleh rasa keprihatinan yang dalam atas teror, kekerasan, pelanggaran-pelanggaran hukum dan pembiaran oleh aparat kepolisian yang terjadi, yang menurut hemat kami dapat menjatuhkan kewibawaan hukum dan konstitusi serta dapat mengancam demokrasi dan negara hukum yang dengan darah dan air mata kita pertahankan demi keutuhan negara dan bangsa Indonesia serta masih menyaksikan kekerasan demi kekerasan terjadi di berbagai tempat di tanah air yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi dengan mengatas namakan agama Islam.
Bersamaan dengan peristiwa-peristiwa itu kita juga menyaksikan aparat kepolisian tidak melakukan fungsinya untuk mengayomi dan memberikan perlindungan hukum kepada masyarakat yang mengalami kekerasan tersebut. Alih-alih mengayomi dan melindungi, para korbanlah yang justru seringkali mendapat hukuman penjara, pelarangan, pembatasan akan hak-hak asasinya yang dijamin konstitusi dan bahkan mengalami pengusiran dari tempat tinggalnya. Jikapun ada penghukuman terhadap pelaku, hukuman tersebut tidak memenuhi rasa keadilan dan tidak sebanding dengan perbuatan dan akibat sosial politik yang ditimbulkannya.
Ada beberapa hak konstitusional  yang sangat penting dan mendasar dari kelompok atau rakyat yang berkepentingan dan berkaitan langsung dengan acara-acara yang dihentikan atau diganggu pelaksanaannya oleh kelompok pengguna terror dan kekerasan ini, seperti hak dan kebebasan beragama dan beribadah. Dalam kasus penyerangan dan kekerasan terhadap Ahmadiyah dan Shiah serta gangguan terhadap pelaksanaan ibadah di GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia yang hingga hari ini masih melakukan ibadah di depan Istana Negara, bukan ingin pamer dapat melakukan ibadah, namun mencari keadilan di negeri sendiri ataupun penutupan kurang lebih 400 gereja serta pelarangan pendirian gereja di Aceh, Minahasa dan di tempat-tempat lain yang telah dilaporkan oleh berbagai media massa.
Besar harapan kami, dalam penyusunan Kabinet Transisi ini, aspirasi kami yang mencari keadilan dalam negeri ini kami dapatkan. Teriring salam kami juga kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Jusuf Kalla yang akan segera dilantik dan mengerjakan visi dan misinya.

Suara anak-anak Guruh
Lisbeth Indriani
Bendum PP GMKI

Comments

Popular Posts