DASAR TELADAN "BERAKAR DI DALAM DIA DAN DIBANGUN ATAS DIA

Bahan PA (Penelaahan Alkitab)
PP GMKI Masa Bakti 2012-2014

Yang menjadi bagian dari Thema GMKI pada 2 tahun kedepan adalah menjadi teladan yang baik, baik itu dalam hal :
1. Menjadi teladan melalui perkataan
2. Menjadi teladan melalui cara hidup
3. Menjadi teladan melalui cara kita mengasihi orang lain
4. Menjadi teladan melalui perbuatan iman
5. Menjadi teladan melalui hidup kudus

 Saat ini kita fokus dalam hal menjadi teladan melalui perkataan.
Kolose pada mulanya merupakan kota yang sedang berkembang, dan banyak pembangunan yang terjadi dikota ini. Kolose juga merupakan sebuah kota dengan jemaat penuh perpecahan. Perpecahan yang terjadi di Kolose hampir sama dengan yang terjadi di Korintus. Perpecahan yang terjadi di Kolose ini sendiri disebabkan oleh banyak orang yang ingin berkuasa didalamnya, terutama-penatua-penatua yang ingin menduduki pemerintahan di kota tersebut. Terjadi pertikaian ini didasari oleh hal mendasar pada keinginan duniawi apalagi keinginan memerintah, keinginan memiliki, dan keinginan lainnya. Dalam hal ini, manusia terlalu serakah, tidak puas dengan apa yang mereka dapat. Apapun mereka lakukan demi mendapatkn apa yang mereka inginkan.

Pada saat ini bahan bacaan kita dalam Kolose 2 : 6-7
(6) Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. (7) Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

 Pada ayat yang ke 6 kita melihat konteks yang dimaksud adalah agar kita menerima Kristus Yesus. Bukan hanya menerima agama itu sebagai pelengkap penderita yang terpampang di KTP saja. Kita perlu fokus dengan apa yang kita percayai. Serta hidup kita meniru teladan yang Dia miliki.

Pada ayat yang ke 7 penekanan dalam pola tingkah kita dalam berkomunikasi.
Rentan terjadi dalam kalangan publik "gosip". Dalam hal ini, gosip merupakan dosa (Yakobus 3 : 5-6) karena lidah kita bisa menjadi penyulut api bahkan menjadi api yang besar. Dan larangan untuk bergosip dengan jelas dimuat dalam Matius 12 : 34-36. Dalam hal ini, kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu karunia Tuhan bagi kita, namun ini juga merupakan hak istimewa yang disertai tanggung jawab besar. Perkataan kita dapat memulihkan orang-orang di sekitar kita dan membawa mereka lebih dekat dengan Bapa. Penekanan dalam ayat 7, Kristen pada dasarnya menurut dengan Hukum yang pertama dan terutama, yakni kasih terhadap Tuhan Allah dan keteguhan kita terhadap iman, tetap teguh dan tetap mengucap syukur..

Iman menjadi landasan hidup orang percaya. Hidup didalam Kristus adalah hidup yang berteguh di dalam iman. Dengan demikian, manusia dapat berakar di dalam Kristus dan dibangun atas kasih Kristus.

Pertanyaan dalam PA :
1. Masing-masing buatlah pengakuan iman antara satu dengan yang lain
2. Pada masa sekarang ini (Kolose 2: 7-8), apakah tawaran-tawaran duniawi dapat bertahan dengan keteguhanmu?
3. Bagaimana iman diaplikasikan secara praktis dalam ber-GMKI






Comments

Popular Posts