Mari bercerita tentang ekonomi global....


Ekonomi sekarang ini di Indonesia semakin membaik, sektor-sektor yang ada di negara ini banyak berkembang. Dipastikan kondisi perekonomian di Indonesia sangat baik. Bisa kita lihat pada tahun 2008, Amerika Serikat mengalami krisis ekonomi yang sangat parah, namun Indonesia masih mengalami keberuntungan. Yah inilah salah satu alasan kenapa aku menyebutkan Indonesia lebih kapitalis daripada Amerika Serikat. Akan ku uraikan....
^_^

Ketika kondisi Amerika Serikat lebih berpihak pada masyarakat sosial ekonomi menengah kebawah, dengan meningkatkan Pajak kepada yang makin kaya, memberikan asuransi kesehatan kepada masyarakat miskin, dan menurunkan tingkat suku bunga di perbankan. Itulah kondisi yang terjadi di Amerika saat itu. Mungkin ini kategori welfare state.

Dan sangat mengecewakan pada saat yang bersamaan, Indonesia malah memberikan tingkat suku bunga yang lumayan tinggi, yang membuat masyarakat Indonesia cenderung menyimpan uangnya di Bank, tidak berniat menginvestasikannya, kemudian malah bermalas-malasan menunggu bunga dari uang di Bank. Kecenderungan untuk takut menginvestasikan seharusnya seimbangkan dengan rasional akan laba dan resiko. Kemudian asuransi kesehatan di Indonesia bagi yang kurang mampu, malah dipungut biaya. Kemudian Pajak bagi orang miskin juga sangat tinggi, bahkan hingga sekarang, tidak relevan dengan pendapatan yang dimiliki masyarakat. Bisa dipastikan kondisi ekonomi Indonesia sangat membaik pada tahun tersebut.

Namun yang menjadi kendala di dalam negara ini, adalah kebijakan maupun  tatanan hukum yang tidak signifikan dengan sektor lainnya. Kemungkinan besar, jika kita bisa meniru Singapura yang diawali dengan memperkuat sektor hukum di dalam bangsa ini, maka pengambil kebijakan, memiliki kemampuan yang memadai dalam aplikasi dalam sektor yang kemudian akan ditingkatkan. Seperti sektor industri, yang juga akan berpengaruh dengan sektor-sektor lainnya.




Comments

Popular Posts