Mari persiapkan diri pada Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Bangsa Indonesia merupakan bangsa,yang sejak berdirinya, senantiasa dihadapkan pada berbagai permasalahan dan tarik menarik kepentingan negara besar. Komitmen terhadap eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kekuatan karakter yang disertai pemahaman geopolitik yang kuat dari pendiri bangsa, merupakan modal terbesar dan benteng pertahanan yang tangguh dalam menghadapi tantangan, gangguan dan ancaman yang lebih kompleks terkait pergeseran dan perebutan pengaruh di kawasan Asia Pasifik.

Bangsa Indonesia memerlukan konsep pembangunan bangsa secara signifikan dengan perpaduan dengan pembangunan karakter bangsa yang berorientasi ke-bhineka-an dan keadilan sosial bagi rakyat. Semangat kegotongroyongan yang merupakan inti Pancasila sebagai jati diri bangsa, harus dikembangkan dan diarahkan sebagai penyetir pembangunan bangsa secara komprehensif. Pembangunan aspek ekonomi dan fisik disertai bangsa Indonesia diharapkan mampu menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Integrasi ekonomi merupakan suatu langkah turunan dari pencapaian ASEAN Economic Community (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang memiliki daya saing dan berperan aktif dalam ekonomi global. Momentum menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015 yang diawali dari duku secara geopolitik dan geoekonomi, kawasan Asia Tenggara memiliki nilai yang sangat strategis, walaupun dahulunya ASEAN sebelum didirikan, berbagai konflik kepentingan juga pernah terjadu diantara sesama negara-negara Asia Tenggara.

Masyarakat Ekonomi ASEAN membutuhkan dasar bahwa ASEAN menjadi pasar tunggal dan berbasis produksi tunggal yang didukung Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang memadai disertai modal/investasi yang lebih bebas. Daya saing ekonomi ASEAN sangat tinggi, namun perlu disokong oleh peraturan yang kompetitif dan penjaminan hak atas kekayaan intelektual yang mumpuni juga fasilitas infrastruktur yang semakin dikembangkan. ASEAN terintegrasi dengan perekonomian global, yang nantinya akan meningkatkan hubungan ekonomi dengan luar kawasan ASEAN dan perab serta jejaring produksi secara global dapat bersinergi.

Comments

Popular Posts