PROFIL GMKI Cabang Medan


Pada Konprensi Cabang GMKI Medan 2003 telah ditetapkan Garis-garis Besar Program dan Kebijakan Umum Organisasi untuk periode 2003-2004 kemudian GBP KUO itu diterjemahkan ke dalam Arah Strategi dan Kebijakan Umum Organisasi (ASKUO) dan program kerja BPC masa bakti 2003-2005 melalui Sidang Pleno I BPC GMKI Medan, dimana dalam pola pengorganisasianya dibagi kedalam dua bagian pokok, yakni :
GMKI Cabang Medan adalah satu dari 51 cabang yang ada di Indonesia. GMKI Cabang Medan lahir pada tahun 1953, telah berusia setengah abad Tahun pada tahun 2003 ini. Dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanannya GMKI Cabang Medan seperti halnya cabang-cabang lain setanah air dipimpin oleh Badan Pengurus Cabang. GMKI Cabang Medan, memiliki beberapa Struktur dan Infrastuktur yang tidak dimiliki seluruh Cabang-cabang di Nusantara. Misalnya, GMKI Cabang Medan memiliki sebuah Statuta Cabang GMKI Medan, dan GMKI Cabang Medan memiliki 19 Komisariat sebagai perpanjangan tangan Badan Pengurus Cabang dalam rangka memudahkan koordinasi dan pembinaan kepada anggota berdasarkan latar belakang Perguruan Tinggi ataupun Fakultas tempat kuliah anggota. Satu lagi yang membanggakan adalah GMKI Medan mempunyai sebuah Gedung yang dinamakan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) beralamat di Jl. Iskandar Muda 107A Medan. PKM GMKI Medan ini dinilai cukup strategis bagi pengembangan organisasi karena berada di pusat Kota Medan.
  1. Internal
    • Pemetaan dan Konsolidasi Organisasi ( Organisasi dan Komunikasi )
    • Pembinaan Anggota ( Pendidikan Kader dan Kerohanian )
  2. Eksternal ( Aksi dan Pelayanan )
    • Gereja
    • Masyarakat
    • Perguruan Tinggi
  1. Program Internal
    • Pemetaan dan Konsolidasi Organisasi
Organisasi dan Komunikasi
Perjalanan hidup sebuah organisasi akan sangat dipengaruhi olah tahap-tahan perubahan zaman sehingga dibutuhkan suatu penataan dan penanaman nilai-nilai dasar organisasi serata membangun pola hubungan dan interaksi yang baik dalam organisasi untuk menciptakan keharmonisan gerak dari seluruh komponen yang ada di jajaran GMKI Medan agar pergerakan yang dilakukan GMKI Cabang Medan dapat tetap dengan mantap berjalan sinergi dengan nilai-nilai dasar GMKI. Sehingga dirumuskan sebuah strategi dasar GMKI Medan untuk dua tahun kedepan dalam penataan dan pemantapan konslidasi organisasi sbb :
  • Melakukan revisi, sosialisasi dan penetapan PDSPK sesuai kebutuhan dan kapasitas GMKI cabang Medan serta format aksi dan pelayanan dan juga melakukan kombinasi format pelatihan kepemimpinan dan ketrampilan yang konstektual dan kreatif.
  • Membangun jaringan media dan komunikasi dalam penguasaan opini publik, secara khusus dalam upaya memainkan fungsi kontrol sosial dan pengelolaan internal GMKI Cabang Medan yang lebih profesional.
  • Pembinaan Anggota
Pendidikan Kader dan Kerohanian
Sudah pasti memang sebuah organisasi kader seperti GMKI memiliki sebuah sistem pendidikan kader yang jelas, dan terpadu dalam melakukan pembinaan-pembinaan terhadap anggotanya, serta menerapkan sebuah konsep pembinaan Spritualitas kader yang dapat membangun Sensivitas kader dalam melihat permasalahan di dalam diri dan lingkunganya. Dengan melakukan Revisi, Sosialisasi dan penetapan Pola Dasar Sistem Pendidikan Kader (PDSPK) GMKI sesuai kebutuhan dan kapasitas GMKI Cabang Medan serta format aksi dan pelayanan dan juga melakukan kombinasi format pelatihan kepemimpinan dan ketrampilan yang konstektual dan kreatif.
  1. Program Eksternal
  • Aksi dan Pelayanan
Melalui bidang ini GMKI Cabang Medan akan selalu berada di tengah-tengah pergumulan di ketiga Medan pelayanan GMKI (Gereja, Masyarakat dan Perguruan Tinggi), sehingga GMKI dapat menjadi garam dan terang bagi lingkungan tempat dimana dia berada.
  • Gereja
Melakukan Pengembangan wacana Oikumene melalui jaringan-jaringan interdenominasi dan dalam bentuk praksis melakukan kegiatan (aksi) bersama dalam menjawab tantangan diri gereja dan lingkungannya Sehingga terbangunnya kesadaran di antara Gereja dan ormas-ormas Kristen dalam perwujudan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat bangsa dalam flatform dan langgam kerja yang sama.
  • Masyarakat
Optimalisasi kehadiran GMKI cabang Medan dalam merespon berbagai fenomena otonomi daerah dengan langkah pembangunan aliansi taktis dan strategis dengan lembaga lain, dan terlibat secara aktif dalam penyelesaian problematika rakyat, menyangkut kebijakan-kebijakan publik pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat.
  • Perguruan Tinggi
Membuka peluang dan kesempatan bagi mahasiswa dalam menyampaikan gagasan, ide dan pemikirannya dalam proses pengambilan keputusan di Perguruan Tinggi dalam suasana yang transparan dan terbuka dan turut serta dalam menciptakan iklim Perguruan Tinggi yang kondusif untuk melakukan Tridarma-nya, bebas dari kepentingan; partai politik, kekerasan (premanisme), kelompok-kelompok fundamentalisme yang dapat menggeser hakikat dan fungsi Perguruan Tinggi, sehingga secara perlahan konsep Teaching university dapat berubah menjadi Research university.


Comments

Popular Posts