Ecclesia reformata, ecclesia semper reformanda

Ecclesia reformata, ecclesia semper reformanda, yang berarti "Gereja yang telah direformasi adalah Gereja yang (harus) terus-menerus diperbarui."

Menurutmu siapakah Gereja itu? Yah, itu kita.

Ada berbagai versi mengartikan, dan itu semua benar. Karena mereka punya sudut pandang ataupun bahasa mereka dalam mengartikan.

Jika aku dan kamu adalah Gereja itu, maka dalam pertumbuhan kita, pastikan semua diperbaharui dan dilayakkan. Seperti halnya ilmu pengetahuan, tak ada yang salah. Tapi selalu diperbaharui denga kondisi yang terjadi dan akan lebih diterima banyak orang.

Kadang manusia memang jatuh dalam perbuatan dosa, dan mereka kadang terpuruk terlalu lama. Mereka lupa bahwa penopang yang kuat dan setia yang merupakan rahasia umum mampu meneguhkan kita. Jika kita percaya akan rahasia ilahi, kita pastikan pembaharuan akan diri kita akan semakin lebih baik.

Bahkan Tuhanmu melebihi jin yang bisa mengabulkan permintaan tuannya.

Manusia memang sering berpikir "tumpul" dan enggan berkarya karena dia fikir dia memiliki batasan untuk tidak "berkuasa" seperti yang dikatakan firman Tuhan dalam kitab Kejadian.

Kalau difikir-fikir, kekuasaan bisa saja bersumber dari:
- fisik
- ekonomi
- status
- jabatan
- kemampuan
- pengetahuan
- relasi
- karisma
dan yang paling mengagumkan adalah, ketika kamu (jadi ingat someone) mampu "memanipulasi" kelemahanmu menjadi sebuah kekuasaan, maka kamu semakin diperbaharui. Misalnya pelukis yang mampu melukis ini dan dipajang di sebuah pagelaran akhir tahun kemaren.

Jepretan dari : _____



 

Comments

Popular Posts