PSAK no 45 (bandingkan dengan) GMKI

Mari kita pahami sedikit ilmu kenapa aku sering meminta laporan dari teman-teman. Alasan yang paling mendasarnya adalah karena aku ingin menjadi inspirasi bagi banyak orang.
Organisasi tertentu dengan  yang lainnya punya konsepan yang berbeda. Semua ada aturan mainnya. Menurut PSAK 45, organisasi nirlaba perlu menyusun setidaknya 4 jenis laporan keuangan sebagai berikut:
1.   Laporan posisi keuangan (neraca) pada akhir periode laporan
2.   Laporan aktivitas untuk suatu periode pelaporan
3.   Laporan arus kas untuk suatu periode pelaporan
4.   Catatan atas laporan keuangan

GMKI merupakan  organisasi yang bersifat gerejawi dan tidak merupakan bagian dari organisasi politik. Dengan bentuk : Organisasi ini berbentuk kesatuan yang mempunyai cabang-cabang di kota-kota perguruan tinggi di Indonesia Perbendaharaan organisasi ini diperoleh dari iuran anggota, sumbangan dan pendapatan lain yang sesuai dengan asas, visi dan misi organisasi.
 
Organisasi nirlaba jenis ini umumnya lebih fokus pada pelaksanaan program ketimbang mengurusi administrasi. Organisasi ini juga berperan aktif dalam Mempertumbuhkan dan memperdalam kehidupan beriman dengan doa, penelaahan Alkitab, Ibadah, pembinaan persekutuan dan tanggung jawab bagi perkembangan, pembaharuan bagi keesaan gereja yang am. Membina kemajuan studi dan riset untuk mengikuti dan menguasai ilmu pengetahuan, mewujudkan panggilan perguruan tinggi mahasiswa dalam mempersiapkan sarjana dan pemimpin yang ahli dan bertanggungjawab bagi pembangunan dan pembaruan untuk mencapai kesejahteraan materil dan spiritual. Membina pemimpin dan penggerak yang bekerja secara bertanggung jawab terhadap Allah dan manusia di dalam masyarakat, negara, gereja, perguruan tinggi dan mahasiswa bagi terwujudnya perdamaian, keadilan, kesejahteraan, kebenaran dan cinta kasih di tengah-tengah manusia dan alam semesta.

Namun, hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan karena organisasi nirlaba tidak boleh hanya mengandalkan pada kepercayaan yang diberikan para donaturnya. Akuntabilitas sangat diperlukan agar dapat dapat memberikan informasi yang relevan dan dapat diandalkan kepada donatur, regulator, penerima manfaat dan publik secara umum.
 
 Sehingga ketika organisasi GMKI ini besar, dengan disokong dengan fondasi-fondasi yang kuat, maka dipastikan orang-orang akan "enggan" dalam hal mempermainkan organisasi tersebut dan dengan penuh keyakinan akan memberikan rasa kepercayaan yang tinggi. Bahkan dapat dimungkinkan menjadi semakin besar dan kuat.
 
Ut Omnes Unum Sint
 
 
Bendum PP GMKI
MB 2012-2014

Comments

  1. Sepakat Bendum yang terkasih :)
    Sebaiknya dibuat pengaturan yang komprehensif mengenai penatausahaan kas di GMKI. Penatausahaan kas yang dibuat oleh Bendahara Cabang/Wabencab dapat dijadikan managerial report dan kemudian sebagai sarana untuk pengambilan
    keputusan dalam pelaksanaan program2 cabang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts