Greenpeace

Bermula dari funpage di facebook, penelusuranku dimulai. Mencari sesuatu yang merupakan pelanggaran sosial. Dan pelanggaran yang coba ku kaji saat ini terkait penebangan hutan. Mungkin karena lagi menjadi topik terkait pembakaran lahan hutan di Pekanbaru. Mencari gambar dengan bantuan mbah google kemudian menemukan gambar yang ku cari. Yah, dapat dari situsnya greenpeace, yakni greenpeace.org yah untuk asean tinggal tambahkan /asean. Kali ini greenpeace bekerja sama dengan sebuah produk P & G. Ga mbarnya menyesakkan memang. Setengah hutan dibakar dan setengahnya lagi masih belum disentuh.

Tiba-tiba dalam alam pikirku, menebak-nebak hewan yang sudah punah sepertinya sudah makin banyak. Ada yang sempat ku kenal, ada yang ku kenal melalui gambar saja. Yah, itu bagian dari perubahan peradaban ini. Dan paling mengenaskan, dikala Ayahku bercerita soal mereka yang bercocok tanam, tapi suhu dan cuaca tak menentu, sehingga mereka gagal deh. Semua bagian dari kerusakan alam. 

Saat seorang teman yang ku kenal dengan baik, disaat dia mahasiswa, rasa idealisme nya tinggi. Memperjuangkan alam dan masyarakat secara umum sangat tinggi. Namun, dikala dia melamar kerja, dia melamar ke perkebunan sawit. Yah, aku pikir juga namanya juga manusia, butuh makan dan biaya hidup. Tak bisa aku melarangnya. Biarlah begitu. Lagian aku tak punya hal yang bisa dibanggakan agar dia bisa beralih pekerjaan.

Di saat aku mencoba membuka youtube dan melihat amazon. Ketragisan banyak terjadi. Ah, dimana pemerintah-pemerintah ini. Apakah semua akan lenyap begitu saja? Apakah uang saja yang dibutuhkan?

^_^

Comments

Popular Posts