Kekuasaan

Wah, dari judulnya sepertinya hal yang mencerminkan sesuatu yang menegangkan. Baiklah. Sederhana memang, tapi punya pengaruh,,, itu yang menurutku kemunculan kekuasaan ini. Yahhh... Bisa dikatakan kekuasaan muncul karena orang-orang membutuhkannya agar tercipta pengendalian sosial dalam komunitas tersebut. Dan kekuasaan bisa muncul dari yang setara dengan kita maupun yang ada diatas maupun dibawah kita.

          |
          |
          |                                     ----------------------
          |
          |


Jika ada makhluk hidup, bisa jadi ada penguasaan, seperti Tarzan dengan hewan-hewan. Makhluk tersebut menjadi pencipta kekuasaan itu sendiri. Dan makhluk tersebut pencipta kekuasaan juga sebagai objek kekuasaan. Wajar dan tidak wajarnya, kembali kepada komunitas tersebut. Namun diawal adanya kekuasaan, agar tercipta komunitas yang tertib aturan. Semisal memilih pimpinan adat atau pimpinan daerah, agar pimpinan tersebut dapat tetap menjaga komunitasnya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dimasyarakat. 

Kekuasaan dibentuk disebabkan oleh unsur rasa cinta, rasa takut, kepercayaan dan pemujaan. Yang mana menurutku, aku mempunyai unsur sumber kekuasaan sehingga mempunyai rasa percaya diri yang lebih tinggi. Mungkin saja orang melihat dari fisik, ekonomi, pendidikan, kemampuan, jabatan, status sosial, popularitas, kharisma maupun relasiku yang terhubung.Sehingga interaksi sosial antara pribadiku dengan sekitar yang memungkinkan aku memiliki kuasa, karena point tersebut.

Dipastikan bahwa kekuasaan dalam hal tulisan ini dimaksud supaya antara pengenalan diri akan sumber kekuasaan yang ada pada diri pribadi, kita akan mengetahui kekuasaan kita dan hal positif yang bisa dikembangkan dalam memenuhi karunia roh yang datangnya dari Tuhan. 

Walau ada kadang orang yang memiliki kelemahan di hal tertentu, dapat menjadi kelebihan tersendiri bagi mereka, contohnya komunitas disabilitas seperti pelukis dengan cara yang lain. Semisal dengan mulut, kaki, maupun dengan cara mereka sendiri. Sehingga dia dapat memiliki potensi menguasai pangsa pasar seni lukis, mungkin. Dan menurutku "Big Dream Make It Happen" adalah suatu suport yang dapat membuat kita memiliki kuasa. Karena kita harus berlari melebihi batasan pikiran kita, kamu tau kenapa saya berkata begitu? Yah, ini disebabkan kita melebihi apa yang kita pikirkan. Paling ditekankan adalah kekuasaan tidak harus identik menjadi penguasa. Tapi penggalian akan talenta yang kita miliki.



^_^



 












Comments

Popular Posts