Tulisan dari peserta Beasiswa untuk anggota GMKI Medan 2015

Pengalaman di GMKI

Suatu pengalaman berharga yang mungkin tidak dapat dilupakan seumur hidup, saat saya memutuskan untuk menjadi bagian dari keluarga besar GMKI. Proses yang saya alami bersama GMKI berkontribusi besar terhadap pribadi saya sekarang ini. Semakin lama, saya semakin sadar, kalau saya tidak bergabung dengan GMKI, mungkin saya tidak bisa seperti ini.

Saya adalah mahasiswa perantau, setelah lulus SMA di sebuah sekolah di Jakarta, saya diterima di Fakultas Hukum USU tahun 2011. Sebagai mahasiswa baru saat itu, tentunya tidak banyak orang yang saya kenal. Untuk organisasi sendiri, saya bukan orang yang terlalu aktif sebelumnya. Awal saya mengetahui GMKI pun tidak disengaja. Kebetulan waktu pengenalan organisasi di kampus, saya tidak hadir karena pada dasarnya saya cenderung apatis.

Saya menemukan brosur GMKI Koms. FH USU, saya kemudian berpikir kalau tidak ada salahnya saya mencoba dunia baru dengan berorganisasi. Lalu saya memutuskan untuk mengikuti Masa Perkenalan GMKI Cabang Medan yang waktu itu diadakan di Hermina Hall, Univ. Darma Agung.
Masa-masa awal saya bergabung di GMKI FH USU adalah saat yang menyenangkan karena saya seperti memiliki keluarga baru, ada teman untuk berbagi sesama anak perantauan. Semakin lama saya bergabung, semakin banyak juga masalah yang saya lihat dan alami dengan GMKI. Disitu saya sadar, organisasi bukan hanya untuk ajang berkumpul, organisasi juga tempat belajar introspeksi diri.

Masalah yang saya alami selama bergabung dengan GMKI semakin membuat saya penasaran. Saya ikut bergabung dengan kepanitiaan GMKI. Kepanitiaan pertama saya adalah UPT untuk Buletin Kalvari, yang merupakan program bidang organisasi dan komunikasi pada tahun 2011. Saya menjadi salah satu penulis buletin. Pengalaman pertama saya ini membuat saya ingin aktif untuk kepanitiaan selanjutnya. Lalu saya bergabung lagi menjadi Tim Kerja Bakti Sosial GMKI FH USU tahun 2012 untuk program bidang Aksi dan Pelayanan. Setelah mengetahui lebih banyak, saya memiliki ketertarikan khusus terhadap bidang Aksi dan Pelayanan. Di tahun yang sama juga saya ikut menjadi Tim Kerja Natal GMKI Koms. FH USU.

Menginjak semester 6, saya disharingkan untuk menajdi Pengurus Komisariat dan dipercayakan untuk menjadi Wakil Ketua bidang Aksi dan Pelayanan masa bakti 2013-2014. Saat itu saya merasa tidak mampu karena ini adalah pengalaman pertama menjadi pengurus dan langsung dipercayakan untuk menjadi Wakil Ketua. Tapi karena saya waktu itu sangat ingin melayani, saya menerima tawaran itu. Saat menjadi pengurus, banyak sekali tantangan yang saya hadapi. Tidak semua yang saya rencanakan bersama teman-teman pengurus bisa berjalan dengan lancar. Banyak halangan yang kami hadapi, dan tanpa kami sadari semua itu telah menguji mental kami dan tentunya menambah pengalaman kami. Suatu saat saya berada dalam kondisi yang benar-benar lelah dan saya sudah berjanji tidak akan bergabung dengan kepengurusan periode selanjutnya.

Setelah rakom untuk periode 2013-2014 selesai, maka selanjutnya adalah pemilihan Ketua dan Sekretaris 2014-2015. Saat ditanyakan siapa yang bersedia menjadi Sekretaris, saya melihat ke sekeliling dan tidak ada yang mengangkat tangan. Dan seseorang mencalonkan nama saya. Ternyata dalam hati saya, saya masih rindu melayani.

Saya menerima tanggung jawab untuk menjadi Sekretaris komisariat FH USU masa bakti 2014-2015 dengan status sebagai satu-satunya mahasiswa stambuk 2011 yang bergabung dengan kepengurusan di komisariat FH USU. Saya percaya, kalau saya berjuang, Tuhan yang mencukupkan. Melalui GMKI, saya mendapat begitu banyak perubahan positif yakni saya lebih mudah untuk bersosialisasi dengan orang baru, saya tidak malu lagi tampil di depan umum, dan saya belajar menjadi seorang pemimpin. Saya tidak khawatir dengan persepsi orang yang menganggap aktif organisasi membuat perkuliahan terhambat.  Saya sudah membuktikan, saya bisa berjalan diantara keduanya. Terimakasih, keluargaku, GMKI
Tinggi Iman
Tinggi Ilmu
Tinggi Pengabdian
Ut Omnes Unum Sint
Syalom!
Evelyn Sinurat (2011)
GMKI Koms. FH USU

Comments

Popular Posts